Celebration of Love

Daisypath Anniversary tickers

Saya Gerraammmm sekali...!!

Rabu, 16 April 2014

Beberapa hari ini sedang heboh2nya berita tentang pelecehan seksual terhadap anak TK di sekolah internasional. Shock, speechless dan ga habis pikir, koq bisaaa???
Gw sendiri pernah mengajar TK di salah satu sekolah internasional. Biasanya di sekolah-sekolah seperti itu pengamanannya ketat sekali. Tapi keamanan tidak hanya terbatas pada kasus penculikan, pencurian dll, tapi juga pelecehan terhaap anak oleh 'orang dalam'. Itu mengerikan.

Sebagai guru gw jadi berintrospeksi dan lebih meningkatkan awareness dalam menjaga mereka di dalam lingkungan sekolah. Biasanya gw akan meminta murid2 gw untuk ke toilet atau minum sebelum pelajaran dimulai, untuk meminimalisir mereka izin ke toilet ketika pelajaran berlangsung. Tapi yaaa,,, namanya anak2 ya buibu... teteup aja ada yang izin di tengah pelajaran, klo ada anak yang kliatannya susah nahan ya gw ijinin, dengan petuah: "Ok, 2 minutes..!" Kalo kelamaan biasanya gw (atau partner gw) datengin ke toilet, yaaa siapa tau lagi 'berkunjung' ke library atau playground hehehe.. Saat itu ga pernah terlintas dalam benak gw kalo akan ada anak yang mengalami pelecehan seksual di toilet-apalagi pelakuknya orang dalam-.

Dan berhubungan juga dengan kasus ini, kemarin pihak manajemen sekolah langsung mengumpulkan seluruh karyawannya termasuk OB, security, chaperone (bus mom) untuk ngebahas kasus yang lagi heboh ini. Intinya kita harus sama2 menjaga anak2, dan pagi ini gw sedikit membekali mereka tentang cara berpakaian dan menjaga diri mereka, dengan bahasa anak-anak tentunya. Kelihatannya anak2 belum tahu kl ada kasus ini, karena anak2 murid di kelas gw, biasanya kalo ada kasus yang lagi in suka heboh dibahas di sekolah.
So, sekarang kepada anak didik sebaiknya no touching deh, kecuali yang kontekstual seperti salaman gitu. Ya walopun selama ini kadang gw menepuk pundak mereka untuk ngasih semangat atau meminta mereka melakukan sesuatu. Tapi kadang ada juga yg dateng ke gw misalnya (karena gw guru kelas kecil ya , antara dari TK sampai kelas 2 SD) ada anak yg minta tolong dibantu memasang ikat pinggang. Dibantuin donk pastinya sambil diajarin juga caranya. Makanya penting juga bagi orangtua untuk mengajarkan anak untuk mandiri sejak dini sehingga ketika mereka dihadapkan dengan kemampuan mengurus diri sendiri mereka bisa melakukannya sendiri tanpa meminta bantuan orang lain. Bagus kalo minta tolong sama orang yang ga berpikiran macem2 (gw misalnya :D ) kalo ketemu orang yg kayak di kasus JIS itu gimana??? Bukan nakut2in tapi lebih baik mencegah bukaaannn??

Nnnaahh... sebagai orangtua,,,, gw jadi parno, walopun sebagai pendidik gw dibekali pengetahuan dan tips untuk mengajarkan pendidikan seksual kepada anak, tapi kalo menerapkan ke anak sendiri koq jadi ga PD ya,,, hehehe ya iyalah secara Ceria kan baru 9,5 bulan :p
Tapi Insya Allah kalau sudah waktunya gw akan membekali Ceria mengenai hal ini.

Sekedar sharing kepada pembaca blog saya ini (emang ada yang baca?), ada situs bagus dan inspiratif tentang Underwear Rule, sepertinya akan gw print dan dijadiin buku nanti kalo Ceria udah umur 3 tahun buat dibacain.
Iniiii linknya. Dan satu lagi niy, yang ini tentang pendidikan seksual kepada anak.

Baiklah parents, selamat berjuang, mari sama2 kita berdoa dan menjaga serta membekali anak2 kita supaya mereka selamat sehat sentosa jiwa dan raga serta terhindar dari hal-hal yang tidak ingin kita bayangkan.

0 komentar:

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers